Makna Pernyataan Isaac Newton Tentang Kebenaran


Makna Pernyataan Isaac Newton
Pernyataan
Sir Isaac Newton : I do not know what I may appear to the world; but to myself I seem to have been only like a boy playing on the seashore, and diverting myself in now and then finding a smoother pebble or a prettier shell than ordinary, whilst the great ocean of truth lay all undiscovered before me.
Arti :
Saya tak tahu tampak seperti apa saya ini, tapi menurut perasaan saya, tampaknya saya ini seperti seorang anak laki-laki yang sedang bermain di pantai dan kadang-kadang menghibur dir sendiri mencari sebuah sebuah batu kerikil halus atau sebuah kulit kerang laut indah, dan itu adalah hal yang biasa, sementara itu samudera kebenaran yang luar biasa terbentang, semua ternyata tidak tersingkap dihadapan saya.
Makna :
Menurut saya, selama ini newton berusaha mengungkapkan sebuah kebenaran yang seluas samudera, tapi dia tidak sanggup mengungkapkan kebenaran seluas lautan itu, dia hanya mampu berusaha mengungkapkan sedikit kebenaran yang hanya sebatas kerikil-kerikil dan kerang laut di pinggiran pantai. Dan dia belum bisa mengungkapkan kebenaran yang seluas samudera. (oleh : uvi)


Comments

Popular posts from this blog

LPJ Divisi Pendidikan Penalaran HIMAP

Tugas Etika Pemerintahan B.IPM 3

“Semangat Kemerdekaan Menuju Pesta Demokrasi Jatim”