Selamat Datang Tahun Politik 2014

Pergantian tahun tidaklah hanya sebatas menyiratkan kegembiraan pesta pora. Pergantian tahun setidaknya juga menyiratkan tentang lembaran lembaran baru bagi setiap individu manusia ataupun institusi. Pemerintah Negara, adalah salah satunya. Sebagai salah satu instrumen penting dalam penyelenggaraan negara, pemerintah diwajibkan untuk merancang setidaknya lembaran garis besar akan program yang berorientasi kebijakan pertahunnya.
Pada dasarnya tidak ada masalah yang signifikan terkait tentag penyusunan lembaran garis besar tersebut, namun yang diperhatikan adalah tahun ini merupakan tahun 2014, sebuah tahun dimana dinamika politik akan bergerak seperti derasnya ombak dilaut. 2014 menghadirkan pesta demokrasi dipertengahan tubuhnya. hal ini membuat 2014 dipastikan menjadi tahun politik, dikarenakan sepnjang tahun kita akan melihat arus politik itu mengehegomoni dalam setiap ruang-ruang publik.
Kuatnya dinamika politik 2014 haruslah kiranya berorientasi pada suatu titik yang namanya politik nilai, bukan hanya sebatas  politik kepentingan yang berpihak pada pragmatiame belaka. Penghadiran nuansa politik nilai dipastikan akan membuat dampak longterm bagi masyarakat hingga 4 tahun ke depan. Tentunya kita berharap ruang publik hari ini yang telah terkotori oleh banyaknya spanduk dan baliho para calon penguasa mampu terbersihkan oleh bagusnya program program mereka setelah mereka terpilih.
Muhammad Luthfil Hakim
Malang, 2 Januari 2014

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Sistem Politik Komunis(totlitairan)

“Analisa Terhadap Rencana Penyelenggaraan Pemilu Serentak dari Perspektif Politik”